Jumat, 23 Januari 2015

Definisi

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika,Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

Jenis - jenis Rambutan

Berikut ini jenis-jenis rambutan :
1. Lengkeng (Euphoria longan)
Tinggi pohonnya 4-10 meter, rindang, dan bertajuk bulat. Buahnya bulat, berwarna abu-abu kecokelatan, kulit buah tipis, berukuran sedang, dan berbiji hitam. Rasa daging buahnya manis.
2. Dopar (E.cf. longan)
Buah ini sudah akrab dengan masyarakat Kalimantan pada umumnya. Kemungkinan buah ini tumbuh di hulu sungai Sangkulirang (Kaltim). Ia sering disebut sebagai lengkeng hutan karena buahnya serupa dengan lengkeng.
3. Ihau (E. melaiensis)
Ada yang menyebutnya sebagai mata kucing. Banyak tumbuh di hulu sungai Mahakam. Ia mirip dopar, tapi lebih besar dan kulit buahnya berbintil-bintil. Sebagaimana dopar, mata kucing akrab dengan penduduk sekitarnya.
4. Kapulasan (N. mutabile)
Sering disebut sebagai rambutan botak, karena rambut buahnya pendek. Kulit buah berwarna merah tua, kadang-kadang kuning, daging buahnya manis.
5. Maritam (N. mutabile)
Tumbuh di Kalimantan, mirip kapulasan, sehingga maritam sering disebut kapulasan Kalimantan. Kulit buahnya berwarna hitam pekat (kalau kapulasan merah tua), daging buah agak asam.
6. Leci (Litchi chinensis)
Pohonnya sama dengan pohon rambutan biasa. Buahnya bulat meruncing, kulit buah berbintil-bintil seperti ihau (E. melaiensis). Kalau masak kulit buah berwarna merah tua, merah muda, atau kuning. Bijinya hitam, daging putih, banyak air, harum, dan manis.
7. Matoa (Pometia pinnata)
Sebagaimana umumnya rambutan, ia berpohon besar (sekitar 5 meter), cukup rindang, bisa tumbuh di daerah yang berketinggian 10-500 meter dpl. Buahnya lonjong, besarnya kira-kira seibu jari tangan orang dewasa. Kulit buah berwarna hijau mengkilat sampai cokelat kemerahan. Warna daging buah putih bening, warna biji kecokelatan. Rasa daging buah sama dengan rasa daging buah lengkeng. Tanaman ini banyak tumbuh di Papua dan sekitarnya.
8. Rambutan biasa (N. lappaceum)
Mempunyai banyak varietas, di antaranya 14 varietas Aceh dan 8 varietas lain-lain. Rasa daging buahnya mulai dari asam sampai manis, mulai dari yang ngelotok sampai yang tidak, dan dari yang banyak airnya sampai kering.
Masih tumbuh liar
1. Rambutan Siamang (Nephelium ophiodes)
Disebut juga pulasan tukul, gumpal benang, sanggul lotong jantan. Pohonnya bisa digunakan untuk bahan bangunan. Buahnya dimanfaatkan oleh siamang (sejenis kera), oleh karena itulah ia disebut rambutan siamang.
2. Rambutan Paseh (N. costatum)
Disebut juga rambutan pasek. Buahnya gelap, pohonnya besar.
3. Rambutan Pacat (N. glabrum)
Disbeut juga N. maingayi atau N. lappaceum var. glabrum. Nama lokal lainnya adalah redan, redang, redin, ridan. Pohonnya besar dan agak keras, cukup bagus untuk bahan bangunan. Daging buahnya konon manis dan enak.
4. Rambutan Kabong (N. eriopetalum)
Punya banyak nama, antara lain rambutan hutan, rambutan kahang, dan lain-lain. Daging buahnya agak asam, pohonnya lebih besar dari rambutan biasa. Oleh penduduk sekitar hutan pohonnya juga dimanfaatkan untuk bahan bangunan.
5. Sanggul Lotong (N. humalatum)
Belum dikenal, kecuali tanaman ini pohonnya besar dan buahnya mirip buah rambutan pacat atau rambutan hutan (N. eriopetalum). Rasa buahnya kemungkinan asam atau manis.
6. Martajam (Erioglossum ribuginosum)
Pohonnya sedang-sedang saja, buahnya tergolong kecil, lonjong, dan panjangnya sekitar 0,05 inci. Buahnya bergerombol, daging buah tipis, bisa dimakan. Kulit buah berwarna gelap.

 Manfaat Rambutan

Berikut ini manfaat  rambutan untuk Tubuh anda : 
  1. Mendongkrak Energi Tubuh Anda. Bagi anda yang mudah capek dalam berbagai rutinitas pekerjaan, mengkonsumsi buah rambutan dapat meningkatkan energi dengan cepat. Ini dikarenakan, buah rambutan mengandung sejumlah karbohidrat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
  2. Menjaga Tubuh Dari Berbagai Radikal Bebas. Udara yang kita hirup tiap detik juga membawa zat-zat berbahaya yang bernama radikal bebas. Buah rambutan mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas tersebut.
  3. Penurun Berat Badan Yang Efektif. Buah rambutan mengandung sumber serat dan air. Sehingga mengenyangkan tubuh dan membuat anda tidak mudah lapar dalam waktu yang relatif lama.
  4. Penangkal Anemia Yang Ampuh. Sumber zat besi dalam buah rambutan dapat menghindarkan dari rasa pusing serta membuat seseorang tidak mudah lelah dengan aktivitas kerja yang begitu padat.
  5. Pencegah Kanker Yang Ampuh. Asam Gallic yang terkandung didalam buah rambutan dapat menghancurkan berbagai radikal bebas yang berada didalam tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit kanker.
  6. Menguatkan Sistem Imun Tubuh. Kandungan tembaga didalam buah rambutan bermanfaat besar dalam pembuatan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang bertugas melawan berbagai virus, kuman serta bakteri yang membahayakan tubuh anda.
  7. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat. Kandungan fosfor dalam buah rambutan berperan nyata untuk menghilangkan berbagai limbah yang terkonsentarasi didalam organ ginjal anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar