Jumat, 13 Februari 2015

Definisi

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

 Jenis - jenis Anggur

Semua buah-buahan tentunya beragam, sekarang kita akan mengetahui macam-macam dari buah Anggur :

1.   Kaiji Grape
Anggur jenis ini tergolong anggur jenis hibrida berukuran diameter 22-24 cm berbentuk lonjong dan memiliki rasa manis serta daging buahnya kenyal dan buah berwarna merah agak putih bening.
2.   Auxerrois Crape
Anggur jenis ini berwana kuning terang tapi lebih menjurus keputih dan berbentuk bulat kecil. Anggur ini biasanya di gunakan untuk pembuatan white wine
3.   Carbernet Franc Grape
Anggur yang mempunyai ciri berwarna biru gelap ini banyak di jumpai di negara perancis. Anggur ini biasanya di gunakan sebagai bahan baku pembuatan wine dan juice, selain itu anggur ini juga di pakai sebagai bahan campuran pembuatan saus anggur.
4.   Rosario Bianco Grape
Anggur jenis ini berwarna hijau muda. Di indonesia sering di sebut anggur hijau yang bentuknya lonjong. Rasa segar, manis dan renyah membuat anggur jenis ini lebih pas di santap setelah selesai makan.
5.   Barborossa Crape
Anggur yg berwarna merah ini mempunyai rasa yang cukup kuat dan tekstur buah yang tidak mudah rusak membuat anggur jenis ini cocok di olah sebagai salad.
6.   Seikire Grape
Anggur jenis ini mempunyai bentuk fisik sama dengan anggur jenis rosario bianco grape, tapi warna nya cenderung merah pekat.
7.   Chenin Blanc Grape
Anggur jenis ini brwarna hijau pekat, tekstur nya yang halus dan rasanya yang manis membuat anggur ini cocok sebagai olahan wine. Anggur ini juga mampu beradaptasi di ikilim tropis dan bisa di konsumsi langsung.
8.   Takazuma Crape
Rasa anggur ini sangat manis berwarna merah pekat. Anggur ini cocok di konsumsi sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut.

Kandungan Gizi


Berikut ini adalah kandungan gizi dari buah anggur :

Nilai Nutrisi Buah Anggur / 100 gram
Energi
288 kL ( 69 kcal)
Karbohidrat
158,15 g
Gula
15,48 g
Serat pangan
0,9 g
Lemak
0,156 g
Protein
0,72
Vitamin B1 (thiamin)
0,069 mg
Vitamin B2 (riboflavin)
0,007 mg
Vitamin B3 (niacin)
0,1588 mg
Vitamin B5 (pantothenic acid)
0,05 mg
Vitamin B6
0,086 mg
Vitamin B9 ( folate)
2 μg
Vitamin B12
0 μg
Vitamin C
10,8 mg
Vitamin K
22  μg      
Kalsium
10 mg
Iron
0,36 mg
Magnesium
7 mg
Mangan
0,0715 mg
Phosfor
20 mg
Potassium
191 mg
Sodium
3.02 mg
Zinc
0,07 mg

Manfaat buah Anggur 

 

  • Menghilangkan Kerutan Wajah.
Minyak biji anggur dapat menjadi solusi, caranya, dengan mengoleskannya di area wajah yang mulai berkerut sebelum tidur. Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda.

  • Memutihkan Gigi
Buah anggur yang sudah matang dapat dijadikan sebagai salah satu menu kudapan bagi Anda yang ingin memutihkan gigi. Asam malat yang terdapat di dalam buah anggur, secara alami akan menghapus noda pada gigi, serta mengatasi perubahan warna pada gigi.
Itu dia sahabat manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan tubuh yang perlu anda ketahui agar selalu sehat dan cantik terutama wanita yang selalu ingin tampil cantik dan mulus. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya dirumah.
aat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.


  • Kanker Payudara
Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.
  • Ginjal
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar